Cara memperbaiki RC Helikopter

Cara memperbaiki RC Helikopter

Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang bagaimana memperbaiki mainan Remot Control Helikopter (RC Helikopter) dengan menganalisa kerusakan apa yang menimbulkan mainan tidak bisa beroperasi dengan benar.

Perlu diketahui penyebab utama kerusakan RC helicopter biasanya dikarenakan benturan sehingga menyebabkan badan atau baling-baling patah atau hancur. Akan tetapi ada beberapa kerusakan yang bisa timbul, antara lain:
Cara memperbaiki RC Helikopter

Pertama - Baling-baling tidak berputar, Penyebab biasanya adalah Rotor / Poros utama terlalu kendor atau terikat sangat Kencang sehingga persinggungan antar roda gigi tidak pas. Akibatnya Baling-baling berputar lamban dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Solusi Perbaikan Helikopter, sekarang coba Anda tekan poros utama / rotor helikopter pelan-pelan kebawah keatas, ini diharuskan ada kelonggaran +- 1/16 inci. Jika terlalu longgar, coba kencangkan dengan cara tekan kebawah pelan-pelan bagian atas gigi utama dan pastikan bersinggungan dengan gigi penerus putaran dengan pelan-pelan.
Kedua - Roda gigi penerus terlepas satu sama lain dan tidak terpasang secara benar. 

Solusi Perbaikan Helikopter, Sekarang anda lakukan dengan cara memeriksa bagian dalam RC helicopter Anda. Harap di perhatikan, sebelum membongkar RC Helikopter, harus dipersiapkan semua alat perbaikan yg nanti akan anda butuhkan, seperti, perkakas tangan, alat-alat, hardware, isolasi, perekat, serta alat ukur, listrik, pelumas
Harap di Perhatikan dan di ingat apabila baling-baling RC Helikopter patah, Tidak disarankan memperbaiki baling-baling patah tersebut dengan cara di lem atau di sambung dengan solasi atau perekat lainnya. Ini di karenakan akan membuat Mainan RC helikopter akan mudah terguncang / bergetar saat dihidupkan dikarenakan baling-baling berat/ dimensinya sudah tidak seimbang.
Cara Memperbaikinya, anda harus mengganti Baling-baling dengan yang baru yang tersedia banyak di toko mainan RC Helikopter. Cara pemasangannya. lepas terlebih dahulu baut-baut penguncinya kemudian ganti baling-baling dengan yg baru anda beli tadi. Harap diingat dalam memasang baut jangan terlalu kencang karena bisa pecah atau retak dan akan mengakibatkan RC Helikopter  tidak bisa berfungsi dengan baik.
Perbaikan Terakhir adalah apabila kerusakannya pada Motor Utama tidak bisa berputar dengan baik, anda dapat memeriksa baterai RC Helikopter apakah masih menyuplai tenaga listrik atau tidak. Apabila masih, kemungkinan besar motor utama dalam kedaan rusak. cara memperbaiki gantilah dengan yg baru.
Namun apabila anda tidak yakin tentang apa yang harus dilakukan, tanyakan pada sang ahli. karena reparasinya lebih sulit dari memperbaiki Mobil RC car mainan RC lainnya.

Semoga artikel ini berguna sebagai referensi untuk anda " Cara memperbaiki RC Helikopter "

Tag. 

1 komentar:

  1. Kalau sensor tangan nya gk berfungsi.. Gimana cara memperbaikinya ya kak 🙏

    ReplyDelete