Usaha budidaya Jangkrik masih legit

http://info-usaha-sampingan.blogspot.com/
Mengapa saya katakan Usaha budidaya Jangkrik legit hal ini karena usaha ini masih banyak di jalankan oleh para peternak jangkrik. Budidaya jangkrik itu menurut pengalaman saya sebenarnya mudah tetapi sulit untuk mendapatkan harga yang tinggi. Kenapa seperti itu karena kita hanya sebagai petani saja. Sedangkan para tengkulak adalah raja disini karena seenaknya menaikkan dan menurunkan harga dipasaran. Harga di setiap daerah berbeda-beda dikarenakan ada wilayah-wilayah tertentu yang sedikit peternak jangkir dan ada juga wilayah yang banyak berternak jangkrik.

Didaerah saya banyak para petani jangkrik musiman yang berharap harga jangkrik naik, tetapi mereka kadang menemui harga tinggi dan kadang juga harga yang murah (Rp. 2000/Kg). tetapi pada saat harga naik kita bisa menjual ke tengkulak dengan harga bisa mencapai Rp. 40.000 /Kg. ini hanya kepandaian kita melihat pasar, tetapi jika tidak mengerti pasar jangkrik dan musim panennya lebih berfikir dua kali jika mau bergelut di bidang Budidaya jangkrik.

Analisa usaha jangkrik memang saat ini legit, dikarenakan banyak para petani jangkrik yang sudah puluhan tahun budidaya jangkrik mengaku bertahan dan melihat peluang untuk mendapatkan harga yang tinggi. dengan hasil seperti di atas. Modal Usaha jangkrik ini relatif kecil. Kita hanya membuat kotak dengan papad triplek kemudian kita isi dengan Tray bekas telur ayam dan kita letakkan telur jangkrik dan memberi makan setiap hari dengan daun-daunan seperti daun ketela, pepaya, atau daun yang lainnya.

Harga telur jangkrik ini biasanya antara Rp 15 ribu hingga 20 ribu rupiah per Ons nya. Masa panen budidaya jangkrik ini relatif pendek, kurang lebih hanya 27 hari saja kita bisa panen. Bayangkan saja jika pada waktu panen dengan harga jangkrik yang tinggi mencapai Rp. 40.000 /Kg, andaikan saja kita mendapat 10 Kg perkotak, kita bisa untung hingga Rp. 400.000 perkotak. Jika kita punya 10 kotak maka kita bisa untung Rp 4 Juta per panen atau perbulan. Seperti gaji bulanan. Tetapi anda jika akan memulai usaha jangan melihat aspek positif saja tetapi harus melihat aspek negatif seperti modal awal, pemeliharan dan sebagainya. Jika jangkrik anda kurang makan maka waktu panen pun juga beratnya sedikit, maka dari itu Budidaya jangkrik ini juga butuh perawatan juga, jangan sampai makanannya telat, karena jika telat maka akan memakan jangkrik yang lainnya juga.

Sedangkan Usaha budidaya Jangkrik masih legit ini hanya bagi peternak yang besar dan sukses serta mengetahui terus harga pasar.

Mungkin ini saja pengalaman saya membudidayakan Jangkrik.

0 komentar:

Post a Comment