Peluang usaha ternak kambing

Usaha ternak kambing merupakan usaha yang kini marak di perbincangkan, khususnya di pedesaan. Banyak peternak yang kini sukses dari berternak kambing, baik itu berternak kambing etawa, kambing jawa, kambing bandot dan segala jenis kambing. Tetapi yang banyak di ternak rata-rata adalah kambing etawa dan kambing jawa dikarenakan perawatannya yang tidak begitu sulit dan hasil yang di dapat juga lebih banyak.

Banyak di antara para peternak yang sukses dengan usaha ternak kambing ini. sistem ternaknya adalah dengan membuat kandang panggung yang terbuat dari bambu dan atap dari daduk (pelepah tebu). mengapa dibuat panggung?agar mudah dalam membersihkan kotoran kambing tersebut. Saat ini pada waktu saya menulis artikel ini banyak dari para peternak musiman yang memborong kambing yang masih kecil dan di pelihara sehingga pada waktu panen sudah masuk pada hari raya idul adha, kenapa demikian? dikarenakan harga saat itu kambing sedang mahal dan mereka peternak musiman tidak mau ketinggalan untuk mengambil untung yang sangat banyak.

Beda lagi dengan Peternak kambing yang bukan musiman, mereka berternak kambing untuk di jual ke pasar atau ke warung-warung sate langganan mereka. Analisa usaha ternak kambing ini adalah modal untuk kandang sekitar Rp. 5 juta untuk diisi sekitar 20 ekor kambing jawa. dan modal untuk membeli kambing yang masih kecil sekitar umur 3 bulanan harganya sekitar Rp. 600 ribuan. jika dikalkulasi total modal awal sekitar Rp. 17 juta rupiah untuk kandang dan 20 kambing, belum termasuk makanan kambing. dan rata-rata mereka hanya menjual kembali kambing-kambingnya sekitar umur 6 bulanan saja dengan harga rata-rata per kambingnya Rp. 1.500.000 x 20 kambing = 30.000.000 dikurangi modal 17 juta = Rp. 13 juta

Jadi dengan kambing 20 saja kita bisa mendapatkan laba sekitar 13 juta dalam 4 bulan saja. Nah bagi yang ingin Peluang Usaha ternak kambing ini dapat melihat-lihat dulu ke peternak kambing terdekat, karena setiap daerah biasanya harga kambingnya juga berbeda-beda. Terimakasih semoga bisa menjadikan inspirasi anda dalam mencari Peluang usaha ternak kambing. 

0 komentar:

Post a Comment